June 27, 2016

Pemain Film Tengkorak

Guh S Mana

Mungkin sebagian besar dari kalian bertanya-tanya. Siapa sih artis yg main di film tengkorak? Reza Rahardian? BCL? Raditya Dika? Hmm, semua tebakan salah karena pemeran utama (ciye kayak lagunya Raisa) dari film ini yaitu Eka Nusa Pertiwi. Masih begitu asing ya? Pernah nonton film The Window yang rilis pada bulan Mei tahun 2016? Film yang dibintangi oleh Titi Radjo Bintang, Yoga Pratama, dan Landung Simatupang? Kalo kalian sudah menontonnnya, kalian pasti sangat memperhatikan seorang ‘Dee’. Seorang wanita yang memiliki kecacatan mental yang mampu menghebohkan pemberitaan di media dengan berita kehamilannya. ‘Dee’ yang memiliki karakter kuat tersebut berhasil diperankan oleh Eka Nusa Pertiwi.

Sebelumnya, Eka Nusa Pertiwi juga bermain dalam mini series drama dari Jepang yang berjudul When You Wish Upon A Sakura bersama Chelsea Islam dan Shu Watanabe yang disiarkan di Waku-waku TV pada bulan Mei 2016.

Wanita lulusan ISI Yogyakarta ini tak kalah hebatnya dengan deretan aktris film nasional ini, memang sangat menyukai peran dengan karakter psikologis yang tidak biasa. Di dalam Film Tengkorak ini, ia memerankan peran sebagai Ani. Seorang gadis berumur 22 tahun yang terpaksa harus bekerja di BPBT dengan segala keributan di dalamnya. Bekerja dengan penuh ancaman tanpa sepengetahuannya. Dan merupakan sebuah tantangan yang belum pernah ia lakukan sebelumnya, ketika pandangannya terkagum-kagum melihat blue screen sepanjang 1km yang digunakan di film ini. “Waw, sebelumnya hanya bisa nonton di YouTube. Sekarang gak kebayang bisa main pake blue screen”, ujar Eka.

Wanita yang sangat mengidolakan seorang Christine Hakim ini memang sebelumnya pernah bekerjasama sebelumnya dengan Yusron Fuadi pada film pendek berjudul Pendekar Kesepian. Makanya tidak terlalu sulit baginya untuk membangun chemistry dengan lawan main utamanya yaitu Yusron Fuadi.
Yap, benar. Sutradara yang membuat film ini merangkap juga sebagai aktor utama. Yusron Fuadi berperan sebagai Yos di dalam film ini. Yos merupakan seorang pemuda tangguh yang berusaha untuk melindungi Ani sampai titik darah penghabisannya. Yos memiliki sifat keras kepala, masa bodo, dan juga berdarah dingin. Namun, Yos paling tidak bisa mengabaikan Ani. Apakah ada rasa cinta di antara Yos dan Ani? Dan apakah yang terjadi kedepannya? Penasaran? Semua akan terjawab nantinya di film ini.
Yos tentu saja tidak sendirian dalam melaksanakan tugasnya. Tanpa sepengetahuan Ani, ternyata Yos memiliki seorang orang tua angkat. Letnan Jaka, seorang perwira yang selama 20 tahun hidup di atas menara setinggi 50 meter seorang diri karena diasingkan oleh sesamanya. Seorang Letnan yang sangat bosan dengan adanya sistem pekerjaannya waktu itu.

Letnan Jaka ini diperankan oleh Guh S Mana. Masih terlalu asing? Yap, memang ini merupakan film panjang pertamanya. Beliau adalah seorang seniman asal Solo yang sudah terbiasa perform di acara-acara kesenian di Indonesia. Beliau juga seorang pelukis professional. Lulusan ISI Surakarta ini awalnya merasa tertantang untuk memerankan seorang Letnan Jaka yang memiliki watak pemberani dan sangat berwibawa. Seniman yang berbadan tegap dan memiliki wajah tampan ini memang terhitung sudah tidak muda lagi. Namun semangatnya melebihi crew dan pemain lainnya yang jauh lebih muda dari dirinya. Beliau memang sangat sering memberikan semangat kepada seluruh tim film ini. Beliau sangat merasa bangga telah turut serta dalam film ini. Bagaimana emosi yang telah diciptakan antara Ani, Yos, dan Letnan Jaka ini? Sangat menarik untuk ditunggu karena akan banyak sekali muncul kejutan-kejutan hebat di dalamnya.
Selain mereka bertiga sebagai pemeran utama, film ini juga melibatkan sangat banyak pemain pendukung yang tak kalah penting posisinya di film ini. Fotografer professional sekelas Darwis Triadi, Kedungdharma Romansha, Haydar Salish, Ridho Ilahi, Prof. Eddy, Wikan Sakarinto, Prof. Wolfram Stanek, Hotma Prawoto, M. Abe, Julianto Ibrahim, dan masih banyak lagi yang tidak dapat disebutkan satu persatu.
Makin penasaran dengan film ini? Atau masih kurang greget infonya? Kalian bisa mencari info lebih lanjut mengenai aktor dan aktris yang bermain di film ini dengan menggunakan hastag #filmtengkorak di Instagram kalian. Film Tengkorak, rediscovering humanity.